Powered by Blogger.

Monday, June 16, 2014

Saat memilih lokasi pembelian rumah, Anda tentu akan mempertimbangkan banyak hal. Selain memilih lokasi yang strategis, tentunya Anda ingin jika kawasan rumah Anda adalah kawasan yang bebas banjir bukan? Tentu akan sangat merepotkan jika rumah yang Anda pilih nanti malah merupakan lokasi rawan banjir saat musim penghujan tiba.


Saat ini, berbagai lokasi yang sebelumnya tidak pernah terkena dampak banjir, belakangan malah ikut terendam karena berbagai faktor. Untuk itu, Anda harus pintar-pintar mempertimbangkan pemilihan lokasi rumah Anda nantinya.

Berikut ini Rumahku telah merangkum berbagai hal yang harus diperhatikan sebelum memilih lokasi pembelian rumah agar bebas dari rendaman banjir. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini :


Kumpulkan Informasi

Sebagai seorang calon pembeli, Anda wajib mengetahui seluk beluk daerah yang Anda incar sebagai lokasi rumah Anda nantinya. Anda bisa mengumpulkan informasi mengenai lokasi pilihan Anda dengan berbagai cara. Misalnya melalui pencarian di internet bahkan bertanya langsung pada penduduk yang bermukim di sana.

Pertanyaan yang dapat Anda ajukan pun beragam. Misalnya, apakah lokasi daerah tersebut bebas dari banjir saat musim penghujan tiba? Bila perlu, Anda kumpulkan berbagai lokasi rumah yang akan Anda beli.

Lakukan survey kecil-kecilan dengan mencentang rumah yang memenuhi kriteria di atas dan rumah yang tidak memenuhi kriteria. Selanjutnya, buang daftar lokasi rumah yang tidak memenuhi kriteria dan lanjutkan survey pada lokasi rumah yang memenuhi kriteria bebas banjir.


Perhatikan Keadaan Lingkungan Sekitar Rumah

Jika warga sekitar mengatakan lokasi daerah rumah yang Anda pilih bebas dari banjir, jangan langsung termakan omongan mereka. Bisa saja, mereka tidak ingin jika calon pembeli kabur saat mengetahui lokasi tersebut rawan banjir. Atau faktor kedekatan dengan sang penjual rumah juga bisa membuat mereka mengatakan hal yang tidak jujur.

Untuk itu, Anda perlu mendatangi sendiri lokasi rumah tersebut. Di sana Anda bisa melakukan observasi lingkungan sekitar di sana. Hal-hal yang harus Anda perhatikan adalah memperhatikan apakah ada lahan hijau di lokasi yang Anda pilih, kemudian jangan lupa untuk melakukan pengecekan terhadap selokan atau gorong-gorong sekitar rumah. Apakah selokan atau gorong-gorong tersebut lancar dan tidak tersumbat oleh banyak sampah.


Langkah Selanjutnya Setelah Menentukan Lokasi

Setelah menentukan lokasi rumah, Anda harus melakukan beberapa perancangan baru untuk berjaga-jaga. Misalnya dengan meninggikan rumah satu meter lebih tinggi dari jalan. Selanjutnya, Anda dapat memilih material dinding, pagar dan sebagainya dengan baik. Material dengan kualitas baik akan menjaga rumah menjadi tidak cepat rusak .

Perencanaan dalam memilih lokasi rumah yang bebas banjir memang memakan biaya yang lebih besar. Namun Anda harus memandang dalam jangka panjang untuk ke depannya. Jika rutinitas harian Anda terganggu dengan banjir yang tidak bersahabat, pada akhirnya akan ikut merugikan Anda kemudian


Read more;rumahku.com

0 comments:

Post a Comment